Most Memorable Feedback

 Setiap orang menanggapi feedback dengan reaksi yang berbeda-beda, saya juga begitu. Saya pernah menerima feedback yang kurang menyenangkan, mungkin karena cara penyampaian orang tersebut saja. Saya juga pernah menerima feedback yang tidak relevan dengan evaluasi kerja saya. Namun, saya pernah menerima feedback yang constructive hingga mengubah pandangan saya terhadap desain dan saya memperbaiki diri saya dalam menerima feedback dan menyampaikan feedback kepada orang lain. 

Saya pernah internship di salah satu startup di Bali yang bekerja untuk membuat platform yang menghubungkan freelancer dengan client. Selama 3 bulan, saya bekerja di bagian content creator designing. Design-design yang saya hasilkan akan dievaluasi setiap bulan. 

Mentor saya sewaktu itu adalah CEO dari perusahaan startup tersebut. Walaupun rentang umur kami cukup dekat, mentor saya memberikan suasana seperti orang yang bijak dan dignified. Sebenarnya, saya tidak siap untuk menerima feedback karena saya yang waktu itu bukanlah orang yang menerima feedback dengan lapang dada. Namun, feedback dari mentor saya terhadap design-design content saya merubah pandangan saya terhadap kritikan dan saran. "Design kamu bagus, tapi kamu bisa mengembangkannya di beberapa aspek seperti di shadow dan permainan di size font. Tidak ada design yang jelek, hanya ada design yang bisa dikembangkan". Feedback tersebut membuat saya sadar bahwa setiap orang itu memiliki persepsi dan pemikiran masing-masing, sehingga saya merasa saya harus memperbaiki diri saya. Saya bertekad untuk mulai berkembang sejak saat itu

Comments

Popular Posts